Skip to main content

Mengenal Internet dan Intranet

1. Pengertian Internet
Internet adalah singkatan dari Interconnection Network yang secara harfiah berarti hubungan antarjaringan komputer (network). Sedangkan network sendiri diartikan sebagai suatu sistem komunikasi data antarkomputer. Contoh jaringan komputer yang paling sering ditemukan adalah LAN (Local Area Network). LAN menghubungkan komputer-komputer yang berada dalam suatu areal atau lokasi tertentu, seperti kantor, sekolah, perusahaan, warnet, dan lain-lain.

Gambaran sederhana dari internet adalah beberapa komputer dihubungkan satu sama lain sehingga membentuk jaringan komputer (network). Kemudian, sejumlah network (jaringan komputer) digabung dan dihubung-hubungkan lagi sehingga jadilah internet.






Pengertian internet secara umum (menurut bahasa) adalah kumpulan dari jaringan komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem. Sedangkan pengertian internet secara khusus adalah suatu jaringan komputer terbesar di dunia karena menghubungkan seluruh jaringan komputer yang ada di dunia ini. Secara ringkas dapat dikatakan internet adalah jaringan komputer global, sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan intranet.

Internet merupakan sebuah kumpulan global (mendunia) ribuan jaringan komputer dan jutaan komputer pribadi yang dikelola secara bebas. Internet telah memungkinkan komunikasi antarkomputer dengan menggunakan TCP (Transmission Control Prtocol) atau IP (Internet Protocol) disingkat TCP/IP yang didukung media komunikasi, seperti satelit dan paket radio. Jadi jarak jangkauannya tidak terbatas.

Internet dapat menghubungkan komputer dan jaringan komputer yang berada di ratusan negara dan departemen atau instansi, baik swasta maupun pemerintah. Melalui internet, siapa pun dapat leluasa mengakses berbagai macam informasi dari berbagai tempat. Informasi yang dapat diakses dapat berupa teks, grafik, suara, maupun video. Siapa pun yang terhubung ke dalam jaringan dapat memperoleh atau memberikan informasi karena internet menyediakan fasilitas-fasilitas yang memungkinkan setiap pengakses untuk berbagi informasi.

2. Pengertian Intranet
Intranet adalah sebuah kumpulan jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak internet dan protokol TCP/IP atau HTTP. Oleh karena itu, sebuah jaringan intranet memiliki semua fasilitas yang dimiliki oleh internet seperti e-mail, File Transfer Protocol (FTP), dan sebagainya.

Jaringan intranet merupakan jaringan internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain. Tetapi, intranet juga dapat terkoneksi ke internet sehingga memungkinkan pertukaran informasi dan data dengan jaringan intranet lainnya (internet working) melalui backbone internet.

Intranet mulai diperkenalkan pada akhir tahun 1995. Intranet mempunyai ciri-ciri sebagai berikut.
a. Ukurannya terbatas, biasanya dibuat untuk area yang tidak terlalu besar, seperti seukuran sebuah gedung, sebuah kantor, sebuah rumah sakit, atau sebuah kampus.
b. Dapat dikelola oleh seorang administrator lokal.
c. Dapat dibangun menggunakan topologi standar untuk LAN, seperti bus, ring, star, atau hybrid (gabungan).
d. Protokol yang digunakan adalah TCP/IP.
e. Menyediakan layanan untuk internet.
f. Administrator boleh menentukan hostname (nama) setiap komputer sesuka hati. Pada internet, hal ini tidak dapat dilakukan sesuka hati karena ada aturannya.

Intranet sangat mudah diterapkan, dipelajari, dikembangkan, dan dikonfigurasi ulang. Salah satu hal terpenting pada intranet adalah kenyamanan jaringan (network security). Isu ini sangat sensitif karena jaringan telekomunikasi komersial yang dipakai bersifat umum (public service communication network) sehingga rentan penyusupan dan penyadapan jaringan serta pembajakan data. Sejumlah teknologi keamanan canggih terus dikembangkan, seperti firewall dan enkripsi sehingga menjadi kelebihan tersendiri ketika diterapkan dalam intranet.

Penggunaan Intranet dapat mendatangkan beberapa keuntungan berikut.
a. Produktivitas kerja. Adanya intranet dapat membantu pekerja dalam suatu organisasi untuk memperoleh informasi yang dibutuhkan mereka untuk menunjang peran dan tanggung jawabnya masing-masing.
b. Pemanfaatan waktu. Melalui intranet, staf organisasi dapat memperoleh akses informasi kapan pun sehingga terjadi efisien waktu. Organisasi juga dapat memberikan informasi setiap saat secara aktual.
c. Komunikasi. Adanya intranet dapat memudahkan komunikasi antarbagian dari suatu organisasi, baik secara horizontal atau vertikal.
d. Operasi dan manajemen. Intranet juga dapat digunakan untuk mendukung operasi dan keputusan dalam bisnis, baik secara internal maupun antarorganisasi.
e. Kerangka perubahan budaya kerja. Melalui intranet, staf organisasi dapat terhubung dan bekerja sama dalam dunia maya sehingga memungkinkan munculnya pemikiran atau ide untuk pengembangan organisasi.

Sumber : LKS Wajar kelas IX

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Kegunaan Menu Ikon pada Program Microsoft Word 2007

Microsoft Word menggunakan menu dalam menjalankan suatu instruksi atau perintah. Pada umumnya semua menu yang berada pada program pengolah kata Microsoft Word 2007 sama dengan versi sebelumnya, Microsoft Word 2003, namun letak dan tampilan menu serta ikon pada Microsoft Word 2007 berbeda dengan program aplikasi Microsoft Word 2003.             Setiap menu dan ikon yang ada memiliki fungsi dan peranan masing-masing. Pada dasarnya keberadaan setiap ikon dan menu bertujuan untuk membantu dan mempermudah dalam melakukan pekerjaan dengan aplikasi Microsoft Word. Agar dapat merasakan keunggulan sebuah program pengolah kata, pengenalan setiap menu-menu yang berada di dalamnya sangatlah penting.             Pada program aplikasi Microsoft Word 2007, terdapat tujuh (7) tab menu standar yang dapat digunakan dengan masing-masing fungsi yang berbeda. 1.       Tab Home Tab Home memiliki submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, Editing. a.        Clipboard Submenu Clipboard besert

Proposal Kegiatan Character Building : Pancasila

LAPORAN AKHIR CHARACTER   BUILDING PANCASILA SOSIALISASI NILAI-NILAI PANCASILA Sharing Happiness Identitas Kelompok: Nama NIM Jabatan Bidaria Merika M. 2101682892 Ketua Addira Defaldi 2101648204 Anggota Maria Carmelian H.H. 2101660065 Anggota Elsa Louserna N.A. 2101656061 Anggota Indah Risky S. 2101681795 Anggota Maulidya Mutiara D.W. 2101657820 Anggota Mochammad Rifat A.P. 2101691051 Anggota Yosephine Olivia S. 2101652183 Anggota Kelas: LC66 BINUS UNIVERSITY 2017 HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL Project Luar Kelas Character Building Pancasila 1.      Judul Project                            : Sharing Happiness 2.      Lokasi Project                          : SD Immanuel Jelambar 3.     

Identifikasi Menu dan Ikon pada Microsoft Word 2007

Ketika Anda memulai program Microsoft Word 2007, maka jendela program tersebut akan terbuka. Selanjutnya layar monitor akan menampilkan sebuah lembar kerja kosong (black document) dengan ukuran kertas standar, yaitu letter (8,5 x 11 inchi). Perhatikan tampilan jendela Microsoft Word 2007 pada gambar berikut, yang memiliki perbedaan dari versi sebelumnya. Pada Microsoft Word 2007 terdapat menu dan ikon: 1. Menu Tab Jendela ini umumnya berisi menu, tool, dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Tampilan MS         Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang terdiri dari tab-tab yang berisi kumpulan toolbar. Secara keseluruhan, terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word 2007. Ketujuh tab tersebut terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007 secara maksimal. Berikut ini adalah tampilan dan masing-masing tab dalam keadaan aktif beserta kelengkapan tom