Skip to main content

Proposal Kegiatan Character Building : Pancasila

LAPORAN AKHIR
CHARACTER  BUILDING PANCASILA
SOSIALISASI NILAI-NILAI PANCASILA





Sharing Happiness
Identitas Kelompok:
Nama
NIM
Jabatan
Bidaria Merika M.
2101682892
Ketua
Addira Defaldi
2101648204
Anggota
Maria Carmelian H.H.
2101660065
Anggota
Elsa Louserna N.A.
2101656061
Anggota
Indah Risky S.
2101681795
Anggota
Maulidya Mutiara D.W.
2101657820
Anggota
Mochammad Rifat A.P.
2101691051
Anggota
Yosephine Olivia S.
2101652183
Anggota

Kelas:
LC66

BINUS UNIVERSITY
2017


HALAMAN PENGESAHAN PROPOSAL
Project Luar Kelas Character Building Pancasila

1.     Judul Project                           : Sharing Happiness
2.     Lokasi Project                         : SD Immanuel Jelambar
3.     Kelompok Target Kegiatan     : Anak Panti Asuhan
4.     Nama Anggota Kelompok      :
Bidaria Merika M.
2101682892
Addira Defaldi
2101648204
Maria Carmelian H.H.
2101660065
Elsa Louserna N.A.
2101656061
Indah Risky S.
2101681795
Maulidya Mutiara D.W.
2101657820
Mochammad Rifat A.P.
2010691051
Yosephine Olivia S.
2101652183
5.      
6.     Mata Kuliah                            : Character Building Pancasila
7.     Kelas                                       : LC66
8.     Dosen                                      : Dr. Ir. Nuah P. Tariganm MA.,Ph.D


                                                                                        Jakarta, 30 November 2017
                                                                               




( .....................................................)                                                             





(....................................................)
                 Dosen CB Pancasila
     Dr. Ir. Nuah P. Tarigan MA., Ph.D                                                                
            Ketua Kelompok
Bidaria Merika M.



DAFTAR ISI

Halaman Pengesahan.................................................................................................................i
Daftar Isi....................................................................................................................................ii
BAB I.........................................................................................................................................1
BAB II.......................................................................................................................................2
BAB III......................................................................................................................................6
BAB IV..................................................................................................................................... 7
BAB V.......................................................................................................................................8
LAMPIRAN..............................................................................................................................9

















BAB I
PENDAHULUAN

I.              Latar Belakang
            Character Building merupakan salah satu mata kuliah di Universitas Bina Nusantara untuk membangun karakter yang lebih baik. Salah satu cara untuk membangun karakter yang lebih baik adalah dengan melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat untuk masyarakat di luar kampus, contohnya, dengan kunjungan sosial ke lembaga sosial. Selain mempunyai tujuan untuk membentuk karakter yang lebih baik, kegiatan ini juga merupakan syarat kelulusan dan kebutuhan nilai.
           
Manfaat Kegiatan
1.     Senantiasa selalu bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
2.     Belajar bersama dan menambah teman
3.     Belajar hidup sederhana
4.     Belajar menghargai pendapat orang lain
5.     Menambah pengalaman pribadi serta pelajaran hidup

Tujuan Kegiatan
1.     Berbagi kebahagiaan
2.     Mengajarkan anak murid Sekolah Dasar menjadi lebih baik dengan apa yang kita berikan
3.     Mempererat persaudaraan
4.     Pengabdian kepada masyarakat
5.     Kepedulian terhadap sesama umat manusia







BAB II
METODE KEGIATAN

Rencana Kegiatan
Dalam kegiatan ini yang akan kami berikan, tidak hanya materi pelajaran, namun juga diselingi dengan permainan dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya.
Waktu dan Susunan Kegiatan
Rabu, 27 September 2017
Pada hari tersebut, pukul 08.00 -10.00 anggota kelompok melaksanakan survei ke Sekolah Dasar Immanuel, Jelambar, Jakarta Barat
Rabu 18 Oktober 2017
Kegiatan
PIC
Keterangan
07.30-08.00
Berkumpul untuk persiapan acara dimulai
Panitia
Panitia berkumpul untuk mempersiapkan acara dan tiba di tempat
selambat-lambatnya 07.00
08.00-08.10
Doa Pembuka
Panitia / Anak Murid
Doa spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak Murid
08.10 – 08.30
Perkenalan
Semua Panitia
Semua Panitia memperkenalkan diri
08.30-09.00
Pemaparan materi tentang bagaimana penerapan Pancasila pada kehidupan asli.
Panitia
Panitia memaparkan presentasi.
09.00-09.30
Games
 Anak murid
Anak murid mengikuti permainan sesuai arahan, menarikan gerakan baby shark
09.30-09.45
Snack Time
Anak Murid
Panitia menyiapkan beberapa camilan untuk Anak Murid
09.45-10.00
Doa Penutup
Panitia / Anak Murid
Doa spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak Murid


Jumat, 20 Oktober 2017
Waktu
Kegiatan
PIC
Keterangan
07.30-08.00
Berkumpul untuk persiapan acara dimulai
Panitia
Panitia berkumpul untuk mempersiapkan acara dan tiba di tempat
selambat-lambatnya 07.00
08.00-08.10
Doa Pembuka
Panitia / Anak Murid
Doa spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak Murid
08.10 – 08.30
Perkenalan
Semua Panitia
Semua Panitia memperkenalkan diri
08.30-09.00
Pemaparan materi tentang bagaimana penerapan Pancasila pada kehidupan asli.
Panitia
Panitia memaparkan presentasi.
09.00-09.30
Games
 Anak murid
Anak murid mengikuti permainan sesuai arahan, menarikan gerakan baby shark
09.30-09.45
Snack Time
Anak Murid
Panitia menyiapkan beberapa camilan untuk Anak Murid
09.45-10.00
Doa Penutup
Panitia / Anak Murid
Doa spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak murid











Senin, 23 Oktober 2017
Kegiatan
PIC
Keterangan
07.30-08.00
Berkumpul untuk persiapan acara dimulai
Panitia
Panitia berkumpul untuk mempersiapkan acara dan tiba di tempat
selambat-lambatnya 07.00
08.00-08.10
Doa Pembuka
Panitia / Anak Murid
Doa spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak Murid
08.10 – 08.30
Perkenalan
Semua Panitia
Semua Panitia memperkenalkan diri
08.30-09.00
Pemaparan materi tentang bagaimana penerapan Pancasila pada kehidupan asli.
Panitia
Panitia memaparkan presentasi.
09.00-09.30
Games
 Anak murid
Anak murid mengikuti permainan sesuai arahan, menarikan gerakan baby shark
09.30-09.45
Snack Time
Anak Murid
Panitia menyiapkan beberapa camilan untuk Anak Murid
09.45-10.00
Doa Penutup
Panitia / Anak Murid
Doa spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak murid



                                                                                    







Senin, 30 Oktober 2017
Waktu
Kegiatan
PIC
Keterangan
07.30-08.00
Berkumpul untuk persiapan acara dimulai
Panitia
Panitia berkumpul untuk mempersiapkan acara dan tiba di tempat
selambat-lambatnya 07.00
08.00-08.10
Doa Pembuka
Panitia / Anak Murid
Doa spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak Murid
08.10 – 08.30
Perkenalan
Semua Panitia
Semua Panitia memperkenalkan diri
08.30-09.00
Pemaparan materi tentang bagaimana penerapan Pancasila pada kehidupan asli.
Panitia
Panitia memaparkan presentasi.
09.00-09.30
Games
 Anak murid
Anak murid mengikuti permainan sesuai arahan, menarikan gerakan baby shark
09.30-09.45
Snack Time
Anak Murid
Panitia menyiapkan beberapa camilan untuk Anak Murid
09.45-10.00
Doa Penutup
Panitia / Anak Murid
Doa spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak murid






BAB III
KONSEP

I.              Belajar
Kami sebagai mahasiswa akan memberikan materi pelajaran yang berkaitan dengan Pancasila. Penyampaian materi pun akan kami sesuaikan dengan usia para peserta.

II.            Bermain
Selain belajar bersama, kami pun akan membuat beberapa permainan yang dimainkan bersama-sama guna mengurangi kebosanan dan guna mempererat hubungan baik dari pihak kami maupun pihak peserta.


















BAB IV
HASIL KEGIATAN

            Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan yakni pada 18 Oktober 2017, kami memulai kegiatan tanpa mengetahui sifat-sifat anak kecil. Jadi, bisa dikatakan bahwa kami melakukannya dengan spontan. Pada saat materi pertama disampaikan, Pancasila, rupanya anak-anak kelas 2 SD kurang memahami apa yang kami sampaikan dan masih malu-malu untuk mengajukan pertanyaan. Tetapi, anak-anak masih bisa mengikuti dengan tenang. Dengan kesalahan itu, kami ingin membenarkan metode kami dalam penyampaian materi. Pada hari kedua kegiatan yakni pada 20 Oktober 2017, kami menyampaikan materi tetapi lebih kepada contoh dari peranan Pancasila itu sendiri. Karena menurut kami, usia-usia dini sekitar 7 sampai 8 tahun akan paham jika diberi contoh seperti kebenaran dan kesalahan, serta apa yang harus mereka lakukan dan apa yang tidak. Mulai hari kedua, anak-anak SD mulai antusias untuk mengikuti kegiatan dan ingin selalu maju ke depan untuk menjawab pertanyaan yang dihadiahi makanan kecil.
            Ternyata, itu semua kami rasakan sampai hari terakhir kami melaksanakan kegiatan. Sedikit berbeda dengan hari pertama dan kedua, hari ketiga dan keempat kami mengajak mereka untuk bermain dan lebih sedikit menyampaikan materi dengan harapan anak-anak ini tidak bosan dengan kegiatan yang sedang dijalani, sehingga kita memberikan games kecil-kecilan dan pertunjukkan sulap. Dengan metode belajar dan bermain ini, ternyata membuahkan hasil yang baik kepada mereka dan kami semua karena kegiatan berjalan dengan lancar. Kegiatan kami juga didukung oleh Kepala Sekolah setempat, Pak Tono, karena diakhir kegiatan beliau selalu memberi evaluasi mengenai apa yang kita lakukan pada hari itu.
            Kesulitan yang kami hadapi pasti ada, salah satunya ketika ada miss communication diantara kelompok kami. Hal itu membuat kami panik karena jam untuk mengajar akan segera dimulai. Untungnya, Bapak Kepala Sekolah sangat berbaik hati untuk meminjamkan laptop serta speaker, sehingga kami bisa memulai mengajar. Kesalahan itu menjadi pelajaran bagi kami semua untuk lebih baik di hari berikutnya. Kendala yang lainnya adalah saat kita menghadapi peserta, karena tak jarang diantara mereka yang bertengkar satu sama lain baik perempuan maupun laki-laki. Disini kami mendapat pelajaran bagaimana kami mengatasi masalah-masalah untuk melerai para peserta. Di hari terakhir, kami memberikan dua lusin donat untuk Kepala Sekolah, Guru dan Staff sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan karena telah menerima kami sebagai mahasiswa untuk melaksanakan salah satu tugas mata kuliah Character Building: Pancasila.



BAB V
PENUTUP

            Dengan adanya project Character Building: Pancasila, kami dapat mengajarkan pentingnya peranan Pancasila kepada sesama sebagai ideologi negara kita. Kami juga dapat mempraktikkan langsung pengabdian kepada masyarakat. Project ini memberikan dampak yang positif, dengan menanamkan langsung Pancasila kepada anak-anak usia dini, diharapkan mereka bisa menambahkan jiwa nasionalisme mereka kepada Negara Indonesia. Jika nasionalisme tertanam dalam diri mereka, pasti ada rasa kebanggan sebagai Warga Negara Indonesia kelak jika mereka sudah dewasa. Dampak positif tak hanya berpengaruh pada mereka para peserta, namun juga kepada kami semua karena kami bisa bekerjasama dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama.


















LAMPIRAN







Comments

Popular posts from this blog

Kegunaan Menu Ikon pada Program Microsoft Word 2007

Microsoft Word menggunakan menu dalam menjalankan suatu instruksi atau perintah. Pada umumnya semua menu yang berada pada program pengolah kata Microsoft Word 2007 sama dengan versi sebelumnya, Microsoft Word 2003, namun letak dan tampilan menu serta ikon pada Microsoft Word 2007 berbeda dengan program aplikasi Microsoft Word 2003.             Setiap menu dan ikon yang ada memiliki fungsi dan peranan masing-masing. Pada dasarnya keberadaan setiap ikon dan menu bertujuan untuk membantu dan mempermudah dalam melakukan pekerjaan dengan aplikasi Microsoft Word. Agar dapat merasakan keunggulan sebuah program pengolah kata, pengenalan setiap menu-menu yang berada di dalamnya sangatlah penting.             Pada program aplikasi Microsoft Word 2007, terdapat tujuh (7) tab menu standar yang dapat digunakan dengan masing-masing fungsi yang berbeda. 1.       Tab Home Tab Home memiliki submenu Clipboard, Font, Paragraph, Styles, Editing. a.        Clipboard Submenu Clipboard besert

Identifikasi Menu dan Ikon pada Microsoft Word 2007

Ketika Anda memulai program Microsoft Word 2007, maka jendela program tersebut akan terbuka. Selanjutnya layar monitor akan menampilkan sebuah lembar kerja kosong (black document) dengan ukuran kertas standar, yaitu letter (8,5 x 11 inchi). Perhatikan tampilan jendela Microsoft Word 2007 pada gambar berikut, yang memiliki perbedaan dari versi sebelumnya. Pada Microsoft Word 2007 terdapat menu dan ikon: 1. Menu Tab Jendela ini umumnya berisi menu, tool, dan fitur lainnya yang memiliki fungsi tertentu. Tampilan MS         Word 2007 memiliki lingkungan kerja yang terdiri dari tab-tab yang berisi kumpulan toolbar. Secara keseluruhan, terdapat 7 baris tab utama dalam Microsoft Word 2007. Ketujuh tab tersebut terdiri atas Home, Insert, Page Layout, References, Mailings, Review, dan View. Masing-masing tombol yang terdapat pada setiap tab Microsoft Word 2007 secara maksimal. Berikut ini adalah tampilan dan masing-masing tab dalam keadaan aktif beserta kelengkapan tom