LAPORAN
AKHIR
CHARACTER BUILDING PANCASILA
SOSIALISASI
NILAI-NILAI PANCASILA
Sharing
Happiness
Identitas
Kelompok:
Nama
|
NIM
|
Jabatan
|
Bidaria Merika
M.
|
2101682892
|
Ketua
|
Addira Defaldi
|
2101648204
|
Anggota
|
Maria Carmelian
H.H.
|
2101660065
|
Anggota
|
Elsa Louserna
N.A.
|
2101656061
|
Anggota
|
Indah Risky S.
|
2101681795
|
Anggota
|
Maulidya Mutiara
D.W.
|
2101657820
|
Anggota
|
Mochammad Rifat
A.P.
|
2101691051
|
Anggota
|
Yosephine Olivia
S.
|
2101652183
|
Anggota
|
Kelas:
LC66
BINUS
UNIVERSITY
2017
HALAMAN
PENGESAHAN PROPOSAL
Project
Luar Kelas Character Building Pancasila
1. Judul
Project :
Sharing Happiness
2. Lokasi
Project : SD
Immanuel Jelambar
3. Kelompok
Target Kegiatan : Anak Panti Asuhan
4. Nama
Anggota Kelompok :
Bidaria Merika M.
|
2101682892
|
Addira Defaldi
|
2101648204
|
Maria Carmelian H.H.
|
2101660065
|
Elsa Louserna N.A.
|
2101656061
|
Indah Risky S.
|
2101681795
|
Maulidya Mutiara D.W.
|
2101657820
|
Mochammad Rifat A.P.
|
2010691051
|
Yosephine Olivia S.
|
2101652183
|
5.
6. Mata
Kuliah :
Character Building Pancasila
7. Kelas : LC66
8. Dosen
: Dr.
Ir. Nuah P. Tariganm MA.,Ph.D
Jakarta,
30 November 2017
(
.....................................................)
|
(....................................................)
|
Dosen CB Pancasila
Dr. Ir.
Nuah P. Tarigan MA., Ph.D
|
Ketua Kelompok
Bidaria
Merika M.
|
DAFTAR
ISI
Halaman
Pengesahan.................................................................................................................i
Daftar
Isi....................................................................................................................................ii
BAB I.........................................................................................................................................1
BAB II.......................................................................................................................................2
BAB III......................................................................................................................................6
BAB IV.....................................................................................................................................
7
BAB V.......................................................................................................................................8
LAMPIRAN..............................................................................................................................9
BAB I
PENDAHULUAN
I.
Latar
Belakang
Character Building
merupakan salah satu mata kuliah di Universitas Bina Nusantara untuk membangun
karakter yang lebih baik. Salah satu cara untuk membangun karakter yang lebih
baik adalah dengan melakukan kegiatan sosial yang bermanfaat untuk masyarakat di
luar kampus, contohnya, dengan kunjungan sosial ke lembaga sosial. Selain
mempunyai tujuan untuk membentuk karakter yang lebih baik, kegiatan ini juga
merupakan syarat kelulusan dan kebutuhan nilai.
Manfaat Kegiatan
1.
Senantiasa selalu bersyukur kepada Tuhan
Yang Maha Esa
2.
Belajar bersama dan menambah teman
3.
Belajar hidup sederhana
4.
Belajar menghargai pendapat orang lain
5.
Menambah pengalaman pribadi serta
pelajaran hidup
Tujuan Kegiatan
1.
Berbagi kebahagiaan
2.
Mengajarkan anak murid Sekolah Dasar
menjadi lebih baik dengan apa yang kita berikan
3.
Mempererat persaudaraan
4.
Pengabdian kepada masyarakat
5.
Kepedulian terhadap sesama umat manusia
BAB II
METODE KEGIATAN
Rencana
Kegiatan
Dalam kegiatan ini yang
akan kami berikan, tidak hanya materi pelajaran, namun juga diselingi dengan
permainan dan berbagai kegiatan menyenangkan lainnya.
Waktu
dan Susunan Kegiatan
Rabu,
27 September 2017
Pada hari tersebut, pukul
08.00 -10.00 anggota
kelompok melaksanakan survei ke Sekolah
Dasar Immanuel, Jelambar,
Jakarta Barat
Rabu 18 Oktober 2017
Kegiatan
|
PIC
|
Keterangan
|
|
07.30-08.00
|
Berkumpul untuk
persiapan acara dimulai
|
Panitia
|
Panitia
berkumpul untuk mempersiapkan acara dan tiba di tempat
selambat-lambatnya
07.00
|
08.00-08.10
|
Doa Pembuka
|
Panitia / Anak Murid
|
Doa spontan yang
dipimpin oleh Panitia / Anak Murid
|
08.10 – 08.30
|
Perkenalan
|
Semua Panitia
|
Semua Panitia
memperkenalkan diri
|
08.30-09.00
|
Pemaparan materi tentang bagaimana penerapan
Pancasila pada kehidupan asli.
|
Panitia
|
Panitia memaparkan presentasi.
|
09.00-09.30
|
Games
|
Anak murid
|
Anak murid mengikuti permainan sesuai arahan,
menarikan gerakan baby shark
|
09.30-09.45
|
Snack Time
|
Anak Murid
|
Panitia
menyiapkan beberapa camilan untuk Anak Murid
|
09.45-10.00
|
Doa Penutup
|
Panitia / Anak Murid
|
Doa spontan yang
dipimpin oleh Panitia / Anak Murid
|
Jumat,
20
Oktober 2017
Waktu
|
Kegiatan
|
PIC
|
Keterangan
|
07.30-08.00
|
Berkumpul
untuk persiapan acara dimulai
|
Panitia
|
Panitia
berkumpul untuk mempersiapkan acara dan tiba di tempat
selambat-lambatnya
07.00
|
08.00-08.10
|
Doa
Pembuka
|
Panitia
/ Anak Murid
|
Doa
spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak Murid
|
08.10 – 08.30
|
Perkenalan
|
Semua
Panitia
|
Semua
Panitia memperkenalkan diri
|
08.30-09.00
|
Pemaparan materi
tentang bagaimana penerapan Pancasila pada kehidupan asli.
|
Panitia
|
Panitia
memaparkan presentasi.
|
09.00-09.30
|
Games
|
Anak murid
|
Anak murid
mengikuti permainan sesuai arahan, menarikan gerakan baby shark
|
09.30-09.45
|
Snack
Time
|
Anak
Murid
|
Panitia
menyiapkan beberapa camilan untuk Anak Murid
|
09.45-10.00
|
Doa
Penutup
|
Panitia
/ Anak Murid
|
Doa
spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak murid
|
Senin, 23 Oktober 2017
Kegiatan
|
PIC
|
Keterangan
|
|
07.30-08.00
|
Berkumpul untuk
persiapan acara dimulai
|
Panitia
|
Panitia
berkumpul untuk mempersiapkan acara dan tiba di tempat
selambat-lambatnya
07.00
|
08.00-08.10
|
Doa Pembuka
|
Panitia / Anak Murid
|
Doa spontan yang
dipimpin oleh Panitia / Anak Murid
|
08.10 – 08.30
|
Perkenalan
|
Semua Panitia
|
Semua Panitia
memperkenalkan diri
|
08.30-09.00
|
Pemaparan materi tentang bagaimana penerapan
Pancasila pada kehidupan asli.
|
Panitia
|
Panitia memaparkan presentasi.
|
09.00-09.30
|
Games
|
Anak murid
|
Anak murid mengikuti permainan sesuai arahan,
menarikan gerakan baby shark
|
09.30-09.45
|
Snack Time
|
Anak Murid
|
Panitia
menyiapkan beberapa camilan untuk Anak Murid
|
09.45-10.00
|
Doa Penutup
|
Panitia / Anak Murid
|
Doa spontan yang
dipimpin oleh Panitia / Anak murid
|
Senin, 30 Oktober 2017
Waktu
|
Kegiatan
|
PIC
|
Keterangan
|
07.30-08.00
|
Berkumpul
untuk persiapan acara dimulai
|
Panitia
|
Panitia
berkumpul untuk mempersiapkan acara dan tiba di tempat
selambat-lambatnya
07.00
|
08.00-08.10
|
Doa
Pembuka
|
Panitia
/ Anak Murid
|
Doa
spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak Murid
|
08.10
– 08.30
|
Perkenalan
|
Semua
Panitia
|
Semua
Panitia memperkenalkan diri
|
08.30-09.00
|
Pemaparan materi
tentang bagaimana penerapan Pancasila pada kehidupan asli.
|
Panitia
|
Panitia
memaparkan presentasi.
|
09.00-09.30
|
Games
|
Anak murid
|
Anak murid
mengikuti permainan sesuai arahan, menarikan gerakan baby shark
|
09.30-09.45
|
Snack
Time
|
Anak
Murid
|
Panitia
menyiapkan beberapa camilan untuk Anak Murid
|
09.45-10.00
|
Doa
Penutup
|
Panitia
/ Anak Murid
|
Doa
spontan yang dipimpin oleh Panitia / Anak murid
|
BAB III
KONSEP
I.
Belajar
Kami sebagai mahasiswa akan memberikan
materi pelajaran yang berkaitan dengan Pancasila. Penyampaian materi pun akan
kami sesuaikan dengan usia para peserta.
II.
Bermain
Selain belajar bersama, kami pun akan membuat beberapa
permainan yang dimainkan bersama-sama guna mengurangi kebosanan dan guna
mempererat hubungan baik dari pihak kami maupun pihak peserta.
BAB
IV
HASIL
KEGIATAN
Pada hari pertama pelaksanaan kegiatan yakni pada 18
Oktober 2017, kami memulai kegiatan tanpa mengetahui sifat-sifat anak kecil.
Jadi, bisa dikatakan bahwa kami melakukannya dengan spontan. Pada saat materi
pertama disampaikan, Pancasila, rupanya anak-anak kelas 2 SD kurang memahami
apa yang kami sampaikan dan masih malu-malu untuk mengajukan pertanyaan. Tetapi,
anak-anak masih bisa mengikuti dengan tenang. Dengan kesalahan itu, kami ingin
membenarkan metode kami dalam penyampaian materi. Pada hari kedua kegiatan
yakni pada 20 Oktober 2017, kami menyampaikan materi tetapi lebih kepada contoh
dari peranan Pancasila itu sendiri. Karena menurut kami, usia-usia dini sekitar
7 sampai 8 tahun akan paham jika diberi contoh seperti kebenaran dan kesalahan,
serta apa yang harus mereka lakukan dan apa yang tidak. Mulai hari kedua,
anak-anak SD mulai antusias untuk mengikuti kegiatan dan ingin selalu maju ke
depan untuk menjawab pertanyaan yang dihadiahi makanan kecil.
Ternyata, itu semua kami rasakan sampai hari terakhir
kami melaksanakan kegiatan. Sedikit berbeda dengan hari pertama dan kedua, hari
ketiga dan keempat kami mengajak mereka untuk bermain dan lebih sedikit
menyampaikan materi dengan harapan anak-anak ini tidak bosan dengan kegiatan
yang sedang dijalani, sehingga kita memberikan games kecil-kecilan dan pertunjukkan sulap. Dengan metode belajar
dan bermain ini, ternyata membuahkan hasil yang baik kepada mereka dan kami
semua karena kegiatan berjalan dengan lancar. Kegiatan kami juga didukung oleh
Kepala Sekolah setempat, Pak Tono, karena diakhir kegiatan beliau selalu
memberi evaluasi mengenai apa yang kita lakukan pada hari itu.
Kesulitan yang kami hadapi pasti ada, salah satunya
ketika ada miss communication diantara
kelompok kami. Hal itu membuat kami panik karena jam untuk mengajar akan segera
dimulai. Untungnya, Bapak Kepala Sekolah sangat berbaik hati untuk meminjamkan laptop serta speaker, sehingga kami bisa memulai mengajar. Kesalahan itu menjadi
pelajaran bagi kami semua untuk lebih baik di hari berikutnya. Kendala yang
lainnya adalah saat kita menghadapi peserta, karena tak jarang diantara mereka
yang bertengkar satu sama lain baik perempuan maupun laki-laki. Disini kami
mendapat pelajaran bagaimana kami mengatasi masalah-masalah untuk melerai para
peserta. Di hari terakhir, kami memberikan dua lusin donat untuk Kepala
Sekolah, Guru dan Staff sebagai ucapan terima kasih dan penghargaan karena
telah menerima kami sebagai mahasiswa untuk melaksanakan salah satu tugas mata
kuliah Character Building: Pancasila.
BAB
V
PENUTUP
Dengan adanya project Character Building: Pancasila, kami
dapat mengajarkan pentingnya peranan Pancasila kepada sesama sebagai ideologi
negara kita. Kami juga dapat mempraktikkan langsung pengabdian kepada
masyarakat. Project ini memberikan dampak yang positif, dengan menanamkan
langsung Pancasila kepada anak-anak usia dini, diharapkan mereka bisa
menambahkan jiwa nasionalisme mereka kepada Negara Indonesia. Jika nasionalisme
tertanam dalam diri mereka, pasti ada rasa kebanggan sebagai Warga Negara
Indonesia kelak jika mereka sudah dewasa. Dampak positif tak hanya berpengaruh
pada mereka para peserta, namun juga kepada kami semua karena kami bisa
bekerjasama dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
LAMPIRAN
Comments
Post a Comment